Berada Pada Zona Oranye, Satgas Covid-19 Kabupaten Melawi Fokus Penanganan Covid-19.

Dalam rangka penanganan Covid-19 di Kabupaten Melawi, Satgas Covid-19 Kabupaten Melawi kembali melaksanakan rapat rutin mingguan terkait evaluasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Melawi, Kamis (10/06/2021), di Convention Hall Kantor Bupati Melawi. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus, dan dihadiri oleh Kapolres Melawi, AKBP Sigit Elianto Nurharjanto, LO KODIM 1205/Sintang, Mayor Arh. Eddy Winarno, dan Anggota Satgas Covid-19 Kabupaten Melawi.

Sekretaris Daerah  Kabupaten Melawi, Drs. Paulus menyampaikan bahwa terkait Surat Edaran Bupati Melawi Nomor: 360/90/BPBD tentang Pembatasan Kegiatan Sosial Ekonomi Kemasyarakatan tetap berlaku hingga 15 juni 2021.

"Sesuai arahan Bupati Melawi surat edaran Nomor: 360/90/BPBD tetap dilaksanakan hingga tanggal 15 juni 2021," tegas Paulus.

Lebih lanjut Sekda mengingatkan semua pihak bahwa tingkat kematian akibat covid-19 di Melawi cukup tinggi hingga mencapai 62 orang. Oleh karena itu, dia kembali mengingatkan kepada jajaran di Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi untuk menjadi perhatian serius dan mencari solusi dan upaya agar hal tersebut bisa segera diatasi.

Terkait program vaksinasi yang akan segera  dilakukan, Sekda mengatakan agar menjadikan para lansia sasaran prioritas utama saat ini sebagai penerima vaksinn.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Melawi, AKBP Sigit Elianto Nurharjanto, S.I.K, menyampaikan pentingnya dilakukan sosialisasi terkait program vaksinasi.

"Vaksinasi harus di sosialisasikan. Kita perlu melakukan pendataan untuk para lansia. Hal lain yang harus menjadi perhatian kita adalah terkait kerumunan agar tidak menimbulkan klaster kasus penularan covid-19 yg baru," ujarnya.

Satgas Covid-19 Kabupaten Melawi melalui Kasat Pol PP Kabupaten Melawi, Aji Kuswara mengatakan akan terus berkomitmen dan totalitas dalam melaksanakan baik aturan maupun regulasi yang ada, seperti Perbup Nomor 38/2020 maupun Surat Edaran Bupati Nomor 360 dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Melawi.

Hal lain yang menjadi bahan evaluasi dalam rapat tersebut adalah terkait keterbatasan SDM kesehatan yang ada di labkesda Dinkes Melawi seperti dokter spesislis, analis kesehatan maupun nakes lainnya termasuk sarana dan  prasarana yang masih belum memadai.

Terkait penanganan covid-19 di Kabupaten Melawi, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ahmad Jawahir menyampaikan bahwa Melawi sudah berada pada zona orange dimana sebelumnya zona merah.

Lebih lanjut Kadinkes tersebut memaparkan bahwa persentasi cakupan vaksinasi Nakes Provinsi Kalimantan Barat hingga 09 Juni 2021, Melawi berada pada peringkat ke-3. Sedangkan persentasi cakupan vaksinasi petugas publik Prov. Kalbar, Kabupaten Melawi berada diurutan ke-7.

Berdasarkan data dari April 2020 hingga 10 juni 2021 jumlah Swab yang dilakukan sebanyak 6.370, positif 1.825 dan positive rate 28,65 dan tertinggi pada bulan mei 2021.

Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Melawi melalui Dinas Kesehatan akan melaksanakan program vaksinasi khusus lansia yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 18 Juni 2021 bertempat di halaman Polsek Nanga Pinoh. Pendaftaran telah dibuka melalui : http: //gg.gg/vaksinLansia-com

 

Penulis : Felix Triudadin, S.Pd.,MBA

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Info Covid-19 Kabupaten MelawiSIKaPSIKaP

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan