Buka Bimtek Penyusunan RKA, RKAP dan Anggaran KAS Tahun 2021, Panji: Tidak Menguasai Teknologi Kita Akan Tergilas Oleh Kemajuan Jaman

Bupati Melawi, Panji dalam sambutannya saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA), Rencana Kerja Anggaran Perubahan (RKAP) dan Anggaran Kas Tahun 2020 (24/8/2020) bertempat di Aula Kantor Bupati mengingatkan para peserta yang hadir agar menguasai teknologi. Panji menyampaikan betapa pentingnya peningkatan Sumber Daya Manusia bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). “Kalau kita tidak menguasai teknologi, kita akan tergilas oleh kemajuan jaman. Peningkatan sumber daya manusia bagi ASN sangatlah penting. Oleh karena itu kegiatan-kegiatan bimtek harus dianggarkan,”ujarnya.

Panji juga mengingatkan agar perencanaan RKA harus detail, teliti dan dikelola dengan baik. Kemampuan untuk memilih skala prioritas karena keterbatasan anggaran adalah kenci keberhasilan. Panji berpesan agar dalam penyusunan RKA diurutkan sesuai dengan skala prioritas.

Dalam kesempatan tersebut, Panji juga mengingatkan para peserta bahwa saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi sedang melaksanakan penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 dimana terdapat hal-hal baru dan aturan-aturan yang baru dan harus dipedomani, diantaranya Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah serta Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Standar Harga Satuan Regional, sehingga dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 diperlukan kesinambungan antara proses penyususnan APBD khususnya penyusunan RKA SKPD Tahun 2021 dengan aturan-aturan tersebut.

“Dalam kesempatan ini saya mau mengingatkan bahwa kita mempunyai kewajiban untuk melaksanakan perencanaan terpadu antara e-planning dan e-budgeting sehingga pada Tahun ini semua OPD diharuskan mengiluti aturan-aturan teknis tersebut dalam penyusunan RKPD Tahun 2021 melalui aplikasi e-planning yang dikelola oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Melawi,”ujar Panji.

Panji juga mengingatkan agar meningkatkan intensitas pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan daerah terhadap perangkat daerah, agar aplikasi tersebut diharapkan dapat berperan sebagai salah satu alat bantu Pemerintah daerah Kabupaeten Melawi untuk tetap konsisten memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Setelah membuka kegitan tersebut, Bupati Melawi menerima bantuan kendaraan roda tiga dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya yang diwakili oleh Yessy Melawnia, SE Anggota DPR RI Fraksi Nasdem Dapil Kalbar 2. Dalam sambutannya Panji berpesan agar Yessy bisa menjadi penghubung antara Pemda Melawi dengan Kementerian terkait guna membantu masyarakat Melawi.

Yessy dalam dalam penyampaiannya menegaskan bahwa bantuan yang diserahkan tersebut tidak didapat secara instan tapi terus menerus melakukan koordinasi dengan kementerian untuk bisa membantu masyarakat Melawi dalam menagani pandemic covid-19 saat ini. “Bantuan kendaraan bermotor dapat digunakan untuk menyemprotkan disinfektan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, ujarnya.” Saya siap menjadi jembatan antara Pemda Melawi dengan kementerian langsung guna membantu masyarakat Melawi,” janji Anggota Komisi 4 DPR RI tersebut. Selain menyerahkan 5 unit Kendaraan roda tiga, Yessy juga menyerahkan bantuan program dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia berupa unit pengolahan pupuk organic kepada kelompok tani, 1 unit kendaraan roda tiga, sapi, satu unit mesin appo, 1 unit bangunan kompos, dan 1 unit kandang komunal.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
Panji, S.Sos dan Dadi Sunarya U.Y,A.Md

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan