Bupati Melawi Hadiri Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat se-Indonesia Secara Virtual

Bupati Melawi, Panji, S.Sos menghadiri acara “Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Se-Indonesia” yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi secara virtual di Kantor BPN Kabupaten Melawi, selasa (5/1/2021).  Hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus. Acara penyerahan terkait dengan redistribusi dan sertifikasi SPM, menyerahkan 584.407 sertifikat tanah di 26 provinsi dan 273 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Sebelum acara berlangsung Bupati Melawi, Panji  memberikan sambutan kepada perwakilan dari masyrakat yang akan menerima sertifikat, terkait dengan kondisi Covid-19 yang belum kondusif perwakilan yang di undang hanya 30 orang.

Dalam sambutannya, Panji mengatakan pada masa transisi dari pola kepemilikan adat menjadi kepemilikan negara merupakan salah satu program presiden yaitu Reforma Agraria dan Panji selalu memberikan dukungan bahwa status kepemilikan wajib dipenuhi.

“Kesadaran atas status kepemilikan harus menjadi perhatian karena status hukum atas kepemilikan merupakan sesuatu yang mendasar” ungkapnya. Selain itu menurutnya, status kepemilikan berupa sertifikat pun sangat membantu masyarakat sebagai jaminan jika ingin membangun usaha dan kredit karena sertifikat sebagai salah satu syarat formal yang harus dipenuhi.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati Melawi mengapresiasi kinerja Kantor BPN Kabupaten Melawi selama ini yang turut mendukung program Pemerintah Daerah dalam penerbitan sertifikat tanah.

“Pada kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada Kepala BPN Kabupaten Melawi yang telah mendukung program-program pemerintah khususnya dalam permasalahan pertanahan di Kabupaten Melawi”, ungkapnya.

Terkait situasi Covid-19 Menteri Agraria dan Tata Ruang Pertanahan Nasional, Sofian Djalil berharap sertifikat tanah untuk rakyat se-indonesia bisa menjadi stimulus, melalui sertifikat masyarakat mendapatkan akses dalam permodalan selain kepastian akan kepemilikan tanah.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam sambutannya mengungkapkan penyerahan sertifikat tersebut akan memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan redistribusi tanah yang selama beberapa tahun terakhir dijalankan pemerintah.

Presiden juga mengatakan tahun 2007 lalu, saat program percepatan ini mulai berjalan, BPN menerbitkan sebanyak 5,4 juta sertfikat, lebih sepuluh kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya kurang 500 ribu sertifikat per tahunnya. Tahun 2018 pemerintah menyelesaikan 9,3 juta sertifikat dan sebenyak 11,2 juta sertifikat di tahun 2019.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN, kantor wilayah, dan kantor pertanahan provinsi serta Kabupaten/Kota atas kerja kerasnya menyelesaikan target-target yang telah saya berikan”, ungkapnya.

Diakhir pidatonya, Presiden juga tidak lupa mengingatkan masyrakat tentang pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan. “Jangan lupa pakai masker, cuci tangan, hindari ke tempat-tempat kerumunan apabila tidak mendesak dan tetap jaga jarak”, ungkapnya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
Panji, S.Sos dan Dadi Sunarya U.Y,A.Md

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan