Bupati Melawi: Lembaga Adat Memegang Peranan Penting dalam Tatanan Pemerintahan Desa

Bupati Melawi, Panji mengingatkan bahwa keberadaan lembaga adat seperti Temenggung/Punggawa  memegang peranan penting dalam tatanan pemerintah Desa. Keberadaan lembaga adat tersebut diatur dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

"Dalam pasal 13 ayat (3) menyatakan Bupati/Walikota melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pembentukan, pemberdayaan dan pendayagunaan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa sebagai mitra Pemerintah Desa diwilayahnya,“ urai Panji dalam sambutan  yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, H. Hasanuddin, SH pada saat membuka Rapat Kerja Penguatan Tugas dan Fungsi Kepala Desa, Temenggung/Punggawa se-Kabupaten Melawi, Selasa (8/9/2020) di Pendopo Rujab Bupati Melawi.

Bupati Melawi juga mengingatkan bahwa tantangan pembangunan sumber daya manusia dewasa ini semakin berat,  oleh karena itu Panji mengingatkan peran serta masyarakat dalam rangka melaksanakan proses pembangunan desa demi menjamin kelancaran pelayanan penyelenggaraan pemerintahan desa .

“Pemerintah desa dan Temenggung/Punggawa harus bersinergi dan berfungsi sebagai wadah yang menghimpun, mengarahkan dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan yang ada di desa  dan menjadi benteng moral dan akhlak masyarakat. Sebagai tokoh masyarakat dalam berbagai sendi kehidupan kita diharapkan mampu membentengi masyarakat terutama anak-anak kita yang merupakan generasi penerus bangsa dari berbagai pengaruh negative yang ditimbulkan oleh derasnya arus informasi dan pengaruh globalisasi,” tegas Panji.

Panji juga berpesan agar Dewan Adat Dayak Kabupaten Melawi dan Temenggung untuk mampu merumuskan hal-hal baru yang belum pernah disepakati terkait hukum adat yang dihasilkan dari rekomendasi-rekomendasi para peserta yang hadir untuk selanjutnya dikaji secara mendalam dan dibukukan sebagai buku pedoman dalam menyelesaikan berbagai persoalan didesa dan hasilnya dapat diterima secara universal oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Melawi, Panji juga mengingatkan beberapa hal terkait dengan agenda politik nasional dan daerah Tahun 2020, yakni Pilkada serentak yang akan dihelat pada hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 dan Pilkades serentak Tahun 2020 yang diikuti oleh 111 desa.

“Saya ingatkan agar saudara Kepala Desa dan jajarannya segera menuntaskan persoalan data penduduk dan data pemilih, terutama permasalahan penduduk yang belum memiliki KTP elektronik dengan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sosialisasikan kepada masyarakat baik terkait dengan Pilkdada Serempak Tahun 2020 maupun untuk Pilkades serentak Tahun 2020. Serta menghimbau kepada penduduk setempat untuk tidak terpecah belah dan menghindari terjadinya konflik karena perbeda pilihan politiknya. Tetap jaga kekompakan, persatuan, kemanan dan ketertiban,”tegas Panji.

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
Panji, S.Sos dan Dadi Sunarya U.Y,A.Md

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan