Bupati Melawi, Panji, S.Sos Ingatkan Pentingnya Data Yang Valid dan Akurat

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Melawi menyelenggarakan kegiatan sosialisasi data sektoral dan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan publikasi Kabupaten Melawi dalam angka Tahun 2021. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Melawi, Panji, S.Sos, rabu (11/02/2021) di Convention Hall Kantor Bupati Melawi.

Bupati Melawi, Panji, S.Sos dalam sambutannya menyambut baik serta mendukung kegiatan yang diselenggarakan BPS tersebut. “Pemerintah Kabupaten Melawi sangat mendukung program Satu Data Indonesia salah satunya melalui penyusunan publikasi Kabupaten Melawi dalam angka ini”, ungkapnya.

Bupati juga mengingatkan pentingnya data yang valid dan akurat dalam meningkatkan perubahan yang baik di Kabupaten Melawi. “Data dan informasi statistik yang berkualitas menjadi rujukan untuk merumuskan kebijakan dalam menyusun perencanaan, pemantauan dan evaluasi agar program yang kita buat tepat sasaran, tetap waktu dan berkelanjutan juga terus meningkat. Oleh karena itu data tersebut harus valid dan akurat”, jelasnya.

Selanjutnya Bupati mengatakan dengan adanya publikasi tersebut nantinya diharapkan kualitas penyusunan dokumen rencana daerah pada tahun – tahun berikutnya dapat semakin meningkat dan semakin baik sehingga tercipta konsistensi antara data dan rencana pembangunan daerah.

Menutup sambutannya, Bupati juga berpesan kepada semua OPD dan lembaga – lembaga yang terlibat untuk proaktif dalam memberikan data yang valid dan akurat.

“Ketersediaan data yang akurat dan terpadu dapat dipertanggungjawabkan serta mudah di akses dan dibagi antar instansi untuk mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan pengendalian data. Dengan adanya keterbukaan dan transparansi data dapat tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis data”, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Melawi, Sugeng Junedi S.ST, M.Si menyampaikan FGD bertujuan untuk menyamakan persepsi dan konfirmasi data – data sektoral yang telah disampaikan OPD, Dinas dan Lembaga lain sebelum diterbitkan menjadi publikasi Kabupaten Melawi dalam bentuk angka. “Data yang ditampilkan akan menjadi semakin valid dan akurat yang menggambarkan kondisi real Kabupaten Melawi” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut hadir Kabag Ops Polres Melawi, para kepala Organisai Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga lainnya di Kabupaten Melawi.

 

Editor : Fariz Ghadati

Reporter : Anastasia Faroktarina

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan