Bupati Melawi Sampaikan LKPJ Pemerintah Kabupaten Melawi Tahun 2020

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, didampingi oleh Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pemerintah Kabupaten Melawi Tahun 2020 pada rapat paripurna ke-1 masa sidang kesatu tahun 2021 DPRD Kabupaten Melawi, Selasa (30/03/2021) di ruang rapat DPRD Kabupaten Melawi.

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengatakan LKPJ Pemerintah Kabupaten Melawi disusun dengan struktur penulisan yang memuat keterangan pengelolaan keuangan daerah, hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah serta capaian kinerja pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan.

“Saya berharap melalui laporan ini dapat memberikan informasi dan gambaran akan pelaksanaan tanggungjawab pemerintah daerah terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Melawi”, ungkapnya.

Masih menurut Bupati, laporan tersebut diharapkan menunjukkan hasil kerja Bupati Melawi beserta jajarannya dalam menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan pembinaan masyarakat dengan memanfaatkan segala informasi dan sumber daya yang dimiliki, sekaligus sebagai informasi mengenai kegiatan pembangunan dalam arti luas selama tahun anggaran 2020, yang selanjutnya dijadikan dasar untuk mengambil kebijakan baru dan berkelanjutan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengungkapkan secara garis besar laporan realisasi pelaksanaan APBD Kabupaten Melawi Tahun 2020 Un-Audit, dengan rincian jumlah anggaran pendapatan dianggarkan sebesar Rp.1.016.077.438.041,19 dengan realisasi sebesar Rp. 995.797.151.017 atau 98,23% dari anggaran. Dan anggaran belanja daerah dianggarkan sebesar Rp. 837.761.882.649,08 dengan realisasi Rp. 803.473.534.257,29 atau 95,91%.

Bupati mengatakan, adanya pandemi Covid-19 yang melanda berdampak pada pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan. Hal tersebut karena adanya refocusing anggaran dengan membuat pergeseran anggaran pada beberapa kegiatan untuk dialihkan ke anggaran percepatan penanganan pandemi. Hal tersebut tentunya mempengaruhi output dari masing-masing program dan kegiatan yang dialihkan.

“Kami menyadari bahwa apa yang dilaksanakan selama tahun 2020 belum dapat memenuhi harapan semua pihak, karena tuntutan dan perkembangan yang terus bergerak maju, serta akibat dari pandemi Covid-19 yang melanda negara kita secara nasional. Sepanjang penyelenggaraan pembangunan tentunya tidak semua kegiatan dapat berjalan sesuai target yang telah ditetapkan”, ungkapnya.

Menutup sambutannya, Bupati melawi mengungkapkan bahwa semua keberhasilan yang sudah dicapai Kabupaten Melawi selama tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya adalah hasil kerja keras dari semua pihak, yang harus disyukuri bersama sebagai anugerah yang diberikan Tuhan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik dari aparatur pemerintah, DPRD Kabupaten Melawi, dan seluruh elemen masyarakat atas dukungannya selama ini dalam pembangunan di Kabupaten Melawi, serta kepada Bapak Panji, S.Sos sebagai Bupati Melawi sebelumnya yang telah memberikan kontribusi dan andil dalam perjalanan pemerintahan Kabupaten Melawi di masa bhakti di periode kepemimpinan sebelumnya”, ungkapnya.

 

Penulis : Fariz Ghadati

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan