H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen Resmi Dilantik Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Melawi

H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen resmi dilantik dan diambil sumpah/janji jabatan sebagai Bupati Melawi dan Wakil Bupati Melawi Hasil Pilkada Tahun 2020 oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH.,M.Hum di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Jumat (26/02/2021).

Bupati dan Wakil Bupati Melawi dilantik bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang, Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu, serta Bupati dan Wakil Bupati Sintang berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.61-293 Tahun 2021 tanggal 23 Februari 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Setelah pengambilan sumpah/janji jabatan oleh Gubernur Kalimantan Barat terhadap para Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik, acara dilanjutkan dengan penandatangan pakta integritas oleh Bupati dan Wakil Bupati disaksikan oleh Gubernur Kalimantan Barat.

“Saya ucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya sebagai Bupati dan Wakil Bupati, hak-hak Bupati dan Wakil Bupati tentu dilindungi dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku”, jelas Gubernur.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengingatkan tugas dan tantangan yang dihadapi para kepala daerah yang sudah dilantik tersebut khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Masalah Covid-19 tetap menjadi fokus penanganan oleh Pemerintah Daerah, saya minta para Kepala Daerah untuk fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 di daerah masing-masing. Kita akan memperpanjang aturan syarat negatif PCR untuk masuk ke Kalimantan Barat lewat jalur udara, dan antigen untuk lewat jalur laut”, ungkapnya.  

Selain masalah Covid-19, Gubernur juga meminta para Kepala Daerah untuk memetakan kawasan Karhutla di daerahnya masing-masing. “Hal ini penting dalam penanganannya apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan. Saya minta ini jadi perhatian kita semua.”, jelasnya.             

Pada kesempatan tersebut juga, Gubernur mendorong daerah untuk melakukan percepatan pembangunan guna mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Barat.

“Saat ini IPM di Kalimantan Barat berada di peringkat empat se-Kalimantan. Namun untuk PDRB kita berada di peringkat dua se-Kalimantan. Kalau ekonomi sudah baik kita bisa tingkatkan maka bidang pendidikan dan kesehatan kita tentunya akan semakin baik.”, ungkapnya.

Menutup sambutannya, Gubernur berharap para kepala daerah untuk sering melakukan koordinasi. “saya berharap daerah untuk sering berkoordinasi. Kalau kepala daerah mau menghadap Gubernur itu pasti penting. Hal yang baik tentu akan kita prioritaskan. Intinya itu untuk selalu berkoordinasi”, ujarnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa pasca dilantik mengungkapkan dirinya dan Wakilnya Drs. Kluisen akan melakukan program-program yang pro rakyat. “Pagi ini saya dan pak Kluisen resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Melawi, kami akan menjalankan program-program yang pro rakyat. Tentu juga akan ada skala prioritas 100 hari program kerja kami kedepan”, ungkapnya.

“Yang jelas sesuai arahan Gubernur Kalimantan Barat yaitu penanganan Covid-19 dan Karhutla akan segera kita laksanakan. Dalam waktu dekat kita akan melakukan rapat baik dengan Forkopimda maupun OPD, Kecamatan dan Desa terkait Covid-19 dan Karhutla sesuai arahan bapak Gubernur”, ungkapnya.

Bupati juga mengungkapkan pembangunan pro rakyat nanti adalah program pembangunan yang diprioritaskan pada infrastruktur termasuk jalan dan jembatan, termasuk peningkatan bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial sesuai dengan visi dan misi yaitu mewujudkan Melawi adil, pantas, hebat, dan juga harmonis dalam keberagaman.

“Tentu kami juga bersama pak Kluisen fokus pada pembangunan infrastuktur untuk menghubungkan kabupaten ke kecamatan, dan dari kecamatan ke desa dan dusun, yang menghubungkan 11 kecamatan dan 169 desa di Kabupaten Melawi”, ujarnya.

Hadir pada pelantikan tersebut Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Barat Drs. Cornelis, M.H, Para Plh. Bupati, serta Para Ketua DPRD lima Kabupaten yang Kepala Daerahnya dilantik.

 

Editor : Felix Triudadin

Reporter : Fariz Ghadati

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan