MENGINTIP STRATEGI SUKSES AUSTRALIA TANGANI COVID-19

Oleh : Felix Triudadin

 

Australia merupakan salah satu negara yang sukses dalam menangani pandemi covid-19. Pada akhir Juni 2020, total kasus covid-19 di Australia sebanyak 7.834 jiwa dengan angka kematian 104 orang dan tingkat kesembuhan sebanyak 7.037 orang. Jika dibandingkan dengan total populasi negara kangguru tersebut, hanya sekitar 1,46%. Dan hebatnya lagi, Australia mampu menekan angka kematian dan penyebaran covid-19 hanya dalam kurun waktu lebih kurang 6 bulan. Lantas, strategi apa yang dilakukan oleh negara teangga Indonesia tersebut?

1. Penutupan Perbatasan Sebagai Respon Awal

Kesuksesan Australia dimulai dengan respon awal yang cepat dan tepat dengan merespon pandemi covid-19 dengan melakukan mitigasi yang tepat dalam menentukan efektifitas pengelolaan kebijakan dalam menangani covid-19. Belajar dari negara lain, Australia menutup perbatasan guna mencegah penyebaran covid-19. Ketika China memberlakukan lockdown, Australia langsung menghentikan penerbanan dari China pada tanggal 1 Februari 2020. Selain itu, Australia menerapkan aturan dimana mereka yang tiba dari luar negeri diwajibkan untuk karantina mandiri selama 14 hari. Australia juga telah menyiapkan berbagai skenario dalam menghadapi kemungkinan terburuk sekalipun sebagai akibat dari pandemi covid-19.

2. Koordinasi Terpusat dan Expert - based Policy

Meningkatnya kasus covid-19 menyadarkan Australia akan pentingnya untuk melakukan koodinasi dengan pemerintah negara bagian. Oleh karena itu, maka pada tanggal 13 Maret 2020, dibentuklah Kabinet Nasional yang terdiri dari Perdana Menteri dan Kepala Negara Bagian. Kabinet tersebut dibantu oleh Australian Health Protection Principal Comittee yang terdiri dari kepala staf medis negara bagian masing-masing. Selain melaksanakan koordinasi terpusat, langkah penting yang dilakukan oleh sektor kesehatan Australia adalah dengan menyusun kebijakan yang mereka percayakan sepenuhnya dengan para ahli kesehatan. Para pakar epidemiologi Australia menyusun modelling scenarios yang akan dilaksanakan, yakni: Physical distancing, meningkatkan sistem kesehatan dan isolasi mandiri bagi yang terpapar covid-19.

3. Peran Komitmen Kolektif Pemerintah dan Masyarakat

Faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan kesuksesan Australia dalam menangani covid-19 adalah KEPATUHAN masyarakatnya dalam melaksanakan protokol kesehatan. Hal tersebut tidak datang dengan sendirinya. Dibentuknya forum komunikasi terpusat antara pemerintah Australia dan negara bagian serta kebijakan yang tegas dan jelas yang dibuat oleh para ahli telah membuat masyarakat percaya kepada pemerintah. Komitmen kolektif yang terjalin antara pemerintah dan masyarakat membuat kebijakan tersebut menjadi efektif sehingga menjadikan Australia sebagai salah satu negara yang cukup sukses didunia dalam menangani pandemi covid-19.

Referensi : Fauziah R. Mayangsari. " Australian Government Response to Covid-19: Coordination and the Effectivity of Policy".

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Info Covid-19 Kabupaten MelawiSIKaPSIKaP

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan