Pemerintah Kabupaten Melawi Mulai Melaksanakan Vaksinasi Covid-19

Keterangan Gambar : Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Widya Hastuti menjadi yang pertama di Vaksinasi


Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19, yang ditandai dengan kegiatan pencanangan pelaksanaaan vaksinasi Covid-19 di Kantor Bupati Melawi, selasa (02/02/2021). Pencanangan vaksinasi dibuka langsung oleh Bupati Melawi, Panji, S.Sos.

Bupati Melawi, Panji, S.Sos dalam sambutannya mengatakan kegiatan vaksinasi merupakan upaya pemerintah untuk menekan angka penularan Covid-19 di masyarakat sehingga program vaksinasi yang dilaksanakan harus didukung oleh semua pihak.

“Covid-19 ini sungguh-sungguh ada dan mengancam kesehatan serta keselamatan kita bersama, curva yang terinfeksi pun semakin meningkat. Oleh karena itu, kepada jajaran pemerintah, TNI, Polri, tokoh masyarakat, dan tokoh agama serta para petugas kesehatan untuk menyakinkan masyarakat pentingnya program vaksinasi untuk menekan laju penularan Covid-19 dan wajib kita dukung bersama”, ungkapnya.

Bupati juga meyakinkan bahwa vaksin itu penting, aman, dan halal. “BPOM telah mengumumkan bahwa vaksin yang ada saat ini aman, begitu juga MUI telah mengeluarkan sertifikat halal, jadi kita tidak perlu ragu untuk menerima suntikan vaksin”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Panji kembali mengingatkan agar orang-orang yang telah menjalani vaksinasi untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. “Jangan karena sudah mendapatkan vaksin lantas lalu abai dengan protokol kesehatan, karena antibodi yang didapat dari vaksin juga memerlukan waktu untuk terbentuk sehingga kita semua wajib tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat”, ingatnya.

Menutup sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran dinas kesehatan, Satgas Covid-19, termasuk TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan yang telah mendukung kegiatan vaksinasi dan pendistribusian vaksin ke daerah.

Bupati juga menjelaskan orang pertama yang mendapatkan vaksin adalah Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Widya Hastuti. Bupati Melawi tidak mendapatkan suntikan vaksin karena tidak memenuhi syarat medis, begitu juga dengan Wakil Bupati Melawi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, dr. Ahmad Jawahir, dalam laporannya mengatakan Vaksin Sinovac tahap pertama telah tiba di Kabupaten Melawi pada Rabu, 27 Januari 2021, dengan total ada 2.040 vial Vaksin Sinovac yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, dimana 2.040 vial vaksin tersebut untuk dua kali pemberian dimana tahap pertama diperuntukkan untuk 1.020 tenaga kesehatan di Kabupaten Melawi.

dr. Ahmad Jawahir juga mengungkapkan rencana distribusi vaksin ke 11 Kecamatan di Kabupaten Melawi pada tanggal 8 Februari 2021. “Hari ini kita telah menyaksikan pendistribusian vaksin ke Kecamatan Menukung yang dilepas langsung oleh Bapak Bupati, dan sisa untuk 10 Kecamatan akan kita distribusikan pada tanggal 8 Februari 2021. Kami sangat berterima kasih kepada jajaran TNI dan Polri yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam melakukan pengawalan dan penjagaan vaksin”, ungkapnya.

dr. Ahmad juga menyampaikan bahwa vaksin sinovac telah dinyatakan aman olen BPOM dan dari MUI telah mengeluarkan sertifikat Halal. Dia juga mengimbau kepada masyarakat nantinya apabila telah mendapatkan suntikan vaksin agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat. “Walaupun telah di vaksin tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dengan selalu menerapkan 3M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak” pesannya.

Pada kesempatan ini secara ceremonial vaksinasi diberikan kepada Ketua DPRD kabupaten Melawi yang menjadi penerima vaksin pertama, dan dilanjutkan oleh Kapolres Melawi, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, LO Dandim, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, Perwakilan Tokoh Agama, Perwakilan Tokoh Masyarakat dan Perwakilan Tenaga Medis. Setelah vaksinasi tahap pertama pada 2 februari, vaksinasi tahap kedua akan dilaksanakan selang 14 hari setelah vaksinasi yaitu pada 15 februari 2021 yang akan datang.

Hadir juga pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

 

Editor : Fariz Ghadati

Reporter : F. Anastasia Faroktarina

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan