Sosialisasi Kebijakan Kependudukan, Sekda Minta Dukcapil Berinovasi

Untuk mendapatkan data yang akurat terkait data kependudukan, Pemerintah Kabupaten Melawi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, kamis (17/12/2020).

Bertempat di Aula Kantor Bupati Melawi, acara sosialisasi tersebut diikuti oleh para aparatur desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus.

Dalam Sambutannya, Sekda Kabupaten Melawi, Drs. Paulus mengatakan persoalan kependudukan merupakan suatu hal yang sangat strategis dan penting sekali. Oleh karena itu, menurutnya jika ingin berhasil dalam membuat kebijakan strategis dan dalam pembangunan maka yang menjadi titik fokus adalah persoalan data penduduk.

“Keberhasilan dan hasil-hasil pembangunan ditujukan dan diterima serta dilakukan oleh penduduk itu sendiri, maka dalam pengadministrasian, pendataan, dan pengendalian terhadap penduduk harus benar-benar dilakukan seakurat mungkin”, jelasnya.

Sekda Melawi juga mengungkapkan bahwa administrasi kependudukan memiliki efek penting dan berkelanjutan pada kehidupan masyarakat sehingga harus diperhatikan dengan serius.

Pada kesempatan tersebut juga, Drs. Paulus meminta kepada Dinas Dukcapil Kabupaten Melawi sebagai penyelenggara pelayanan publik  di bidang administrasi kependudukan harus terus berupaya membuat kebijakan yang kreatif dan inovatif sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Dia juga meminta kepada aparat desa untuk proaktif melakukan pengadministrasian terhadap penduduk dan jangan sifatnya menunggu masyarakat yang harus memohon.

“Dukcapil dan Perangkat Desa harus proaktif jemput bola dan wajib melakukan pencatatan dan pendataan sehingga tidak lagi ditemukan potensi penduduk yang belum tercatatkan data kependudukan dan pencatatan sipilnya”, ungkapnya.

Menutup sambutannya, Sekda Kabupaten Melawi menginstruksikan Dinas Dukcapil untuk memberikan pelayanan yang sama kepada setiap penduduk dan menjamin kerahasiaan serta keamanan data penduduk.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
Panji, S.Sos dan Dadi Sunarya U.Y,A.Md

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan