SP4N-LAPOR! Wujud  Komitmen Dalam Mendukung Prinsip Pemerintahan Terbuka Serta Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah roh dalam tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Salah satu wujud komitmen dalam mendukung prinsip pemerintahan yang terbuka serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, maka dibuatlah sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional yang disingkat SP4N-Lapor!

Mungkin aplikasi SP4N-Lapor! masih asing bagi sebagian masyarakat kita. Namun sesungguhnya hal tersebut merupakan perwujudan amanah Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik yang mewajibkan penyelenggara Negara untuk menyelenggarakan pelayanan publik sesuai dengan tujuan pembentukan, dimana salah satunya meliputi pengelolaan pengaduan masyarakat.

Selanjutnya pada tahun 2013 Presiden menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional.

Dalam peraturan tersebut diatur hal-hal seperti hak, kewajiban, mekanisme serta sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional yang bertujuan untuk melindungi pengguna pelayanan dalam mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas, wajar dan adil.

Melalui aplikasi yang disingkat SP4N-LAPOR! tersebut, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan serta aspirasi terkait dengan pelayanan publik.

SP4N-LAPOR! merupakan aplikasi pelayanan publik tingkat nasional dan secara kelembagaan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terdiri dari struktur nasional, yakni: Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Secara struktur organisasi, SP4N-LAPOR! koordinatornya adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Di Kabupaten Melawi, operator sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik di seluruh instansi sudah terbentuk dan dalam waktu dekat akan dibentuk tim untuk merumuskan Road MAP Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Instansi Tahun 2020-2024.

“Kita segera membentuk Tim perumus Road MAP Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Instansi Tahun 2020-2024, “ ujar Sekda Kabupaten Melawi, Paulus usai mengikuti Vidcon terkait SP4N-LAPOR!, Rabu (21/07/2021) yang bertempat di Kantor Bupati Melawi.

 

Penulis : Felix Triudadin, S.Pd., MBA

Editor : Felix Triudadin, S.Pd., MBA

 

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Info Covid-19 Kabupaten MelawiSIKaPSIKaPInfo Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK Kabupaten Melawi Tahun 2021

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan