Tinjau  Jembatan Melawi II, Bupati Melawi Pastikan Pembangunan Tetap Dilanjutkan Pada 2021

Bupati Melawi, Panji, S.Sos meninjau pembangunan jembatan Melawi 2, rabu (30/12/2020). Jembatan yang akan menghubungkan ibukota Kabupaten Melawi, Nanga Pinoh dan Kecamatan Pinoh Utara ini dipastikan akan tetap dilanjutkan pada tahun anggaran 2021.

Didampingi Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nuharjanto, LO Kodim Sintang Mayor Arh Eddy Winarno, Sekda Kabupaten Melawi, Drs. Paulus, dan sejumlah Kepala OPD serta pihak pelaksana pembangunan jembatan Melawi 2, Bupati Melawi, Panji mengungkapkan anggaran pembangunan lanjutan jembatan Melawi 2 sudah teranggarkan pada APBD TA. 2021.

“Untuk kelanjutan pembangunan jembatan Melawi 2 ini sudah kita anggarkan pada APBD Tahun 2021”, ungkapnya.

Panji juga mengungkapkan selain meninjau dan mengecek pekerjaan pembangunan lanjutan jembatan Melawi 2, juga dilakukan kegiatan serah terima pekerjaan setelah masa kontrak pekerjaan Tahun Anggaran 2020 telah selesai dilaksanakan.

Setiap pekerjaan berakhir, masa kontrak selesai kita secara resmi mengadakan kegiatan serah terima secara resmi dan tidaklah pekerjaan ini dilanjutkan begitu saja tanpa serah terima yang resmi dari tahap ke tahap”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati Melawi juga menjelaskan bahwa pembangunan jembatan tersebut dikerjakan dengan pola tahunan, setiap tahun anggaran dimulai dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Jembatan Melawi 2 ini sempat mangkrak selama 14 tahun. Pada masa pemerintahan kami berdua jembatan ini masuk dalam RPJMD, dan pembangunan dilaksanakan dengan pola tahunan  sesuai kemampuan keuangan daerah”, jelasnya.

Bupati menilai jembatan tersebut sangat strategis dan penting karena akan mempercepat proses pembangunan, khususnya di Kecamatan Pinoh Utara. Selain itu menurutnya jembatan tersebut akan meningkatkan perekonomian masyarakat Nanga Pinoh dan Pinoh Utara karena akses akan terbuka. Sektor perkebunan dan pertanian akan ikut terdampak posititf.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Melawi, Makarius Horong, menjelaskan pagu anggaran pembangunan jembatan Melawi 2 sebesar Rp. 27,5 miliar pada Tahun 2020.

“Dari 27 miliar tersebut, pengadaan rangka dan mobilisasi yang terbanyak. Total ada empat bentang rangka baja dengan total 240 meter dan lebar jembatan 7 meter. Pengadaan rangka sudah selesai dilaksanakan sebelum kotrak berakhir”, jelasnya.

Selain itu, menurut Horong pada Tahun 2020 memang hanya difokuskan pada pengadaan rangka dan mobilisasi untuk pembangunan jembatan. Dan pada tahun 2021 telah dianggarkan untuk lanjutan penyelesaian jembatan.

“Setelah rangka baja ada di lokasi, maka tahun depan tinggal dilakukan pemasangan. Dan apabila tidak ada halangan makan Tahun 2021 jembatan Melawi 2 sudah bisa difungsikan”, jelasnya.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
Panji, S.Sos dan Dadi Sunarya U.Y,A.Md

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan