Wakil Bupati Melawi Buka Kegiatan Expose Indeks Desa Membangun Tahun 2021

Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen membuka secara resmi “Expose Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021” dengan Tema Hasil Pemuktakhiran Indeks Desa Membangun & Penetapan Status Desa Kebupaten Melawi Tahun 2021, selasa (04/05/2021) di Aula Kantor Bupati Melawi. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala OPD di Lingkungan Kabupaten Melawi, Para Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

IDM  merupakan indeks komposit yang dibentuk berdasarkan 3 indeks yaitu Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE) dan Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL). Ketiga unsur tersebut bekerja sebagai dimensi yang memperkuat gerak proses dan pencapaian tujuan pembangunan masyarakat desa.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen berharap dengan adanya IDM, Desa dapat membuat perencanaan pembangunan yang berdasarkan pada tiga indikator IDM sehingga terjadi perubahan signifikan dalam pembangunan di desa yang pada akhirnya berdampak pada status desa tersebut.

“IDM sebagai alat ukur kemandirian sebuah desa diharapkan dapat melibatkan partisipasi masyarakat sebagai fungsi kontrol, sehingga hasil IDM merupakan nilai sebenar – benarnya. Besar harapan saya untuk tahun 2021 target desa mandiri bisa tercapai”, ungkapnya.

Wakil Bupati juga mengatakan untuk menuju desa maju dan mandiri diperlukan kerangka kerja pembangunan berkelanjutan dimana aspek sosial, ekonomi dan lingkungan menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan desa untuk mensejahterakan kehidupan desa.

“IDM mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari pemerintah sesuai dengan partisipasi masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah desa, sehingga perkembangan kemandirian desa bedasarkan implementasi undang - undang desa dengan dukungan dana desa serta pendamping desa dapat terwujud”, katanya.

Menutup sambutannya, Wakil Bupati meminta seluruh peserta expose untuk dapat memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai bahan evaluyasi dan momentum untuk meningkatkan sinergitas dalam membangun desa.

“Saya berharap agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan peserta dengan sebenar – sebenarnya, sebagai bahan evaluasi dan momentum untuk meningkatkan sinergitas dalam membangun desa sehingga jumlah desa Mandiri di Kabupaten Melawi dapat terus bertambah”, harapnya.

 

Penulis : F. Anastasia Faroktarina

Editor : Fariz Ghadati

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Info Covid-19 Kabupaten MelawiSIKaPSIKaP

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan