BERITA DAN KEGIATAN

Penjabat Bupati Melawi Pimpin Rapat Koordinasi Status Siaga Darurat Bencana Asap

Makin pekatnya kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Melawi membuat Pemkab Melawi mengambil langkah cepat untuk segera menanganinya. Penjabat Bupati Melawi, Hatta, S.Pd.,MM Memimpin langsung rapat koordinasi status siaga darurat bencana asap di ruang rapat kantor Bupati Melawi, Rabu (16/09).

Dalam rapat tersebut, Penjabat Bupati mengatakan bahwa dampak bencana asap telah menganggu aktivitas masyarakat dan dapat menganggu kesehatan masyarakat sehingga diperlukan langkah cepat dan tepat untuk segera menanggulanginya.

Penjabat Bupati juga menyatakan bahwa untuk mengantisipasi dan melakukan pengurangan resiko kebakaran memerlukan upaya penanggulangannya secara cepat, tepat, terencana, dan menyeluruh sehingga Pemkab Melawi melalui surat keputusan Penjabat Bupati Melawi Nomor: 360/223/BPBD/2015 menetapkan status darurat bencana asap selama 14 hari sejak tanggal 14 September 2015, dan dapat diperpanjang sesuai kondisi yang terjadi di lapangan nantinya.

Selain itu, Pemkab Melawi juga membentuk Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana Asap untuk menangani bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan agar berjalan lancar dan terkoordinir dengan baik.

Ada beberapa langkah yang dibahas pada rakor tersebut yaitu pemetaan titik api di Kabupaten Melawi, mengkualifikasikan tingkat/luas lahan serta tingkat kesulitan atau tingkat kedaruratan kebakaran, menetapkan langkah-langkah pemadaman yang diperlukan, menyiapkan perangkat tindakan yang efektif diantaranya peralatan, personil, waktu, dan pembiayaan, penegakan hukum bagi pelaku pembakar hutan dan lahan, serta selalu melakukan evaluasi dan konsolidasi dengan berbagai pihak terkait termasuk dengan pihak TNI dan Polri.

Pada kesempatan tersebut juga, Penjabat Bupati menginstruksikan kepada seluruh SKPD/Instansi Pemerintah/BUMN/BUMD/Lembaga terkait agar segera melakukan tindakan penanganan yang diperlukan untuk meminimalisir korban dan kerugian.

 

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Kapolres Melawi, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Melawi, para Camat di wilayah Kabupaten Melawi, pihak TNI dan Polri, dan lembaga terkait masalah bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan. (Humas)


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *