BERITA DAN KEGIATAN

Sekda Hadiri Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Melawi Terhadap Raperda Kabupaten Melawi Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Melawi Tahun Anggaran 2014

Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Ivo Titus Mulyono, M.Si menghadiri rapat paripurna ke-5 masa sidang ke-II penyampaian jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Melawi terhadap Raperda Kabupaten Melawi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Melawi tahun anggaran 2014 di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Melawi, Senin (03/08). Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Iif Usfayadi, ST.

Pada kesempatan tersebut, Sekda menyampaikan jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Melawi. Atas pandangan umum mengenai peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), disebutkan bahwa Pemkab telah melakukan berbagai langkah untuk meningkatan PAD melalui inventarisasi penambahan objek pajak baru, serta dilakukan upaya intensifikasi dan ekstensifikasi dalam mengelola PAD, serta mensosialisasikan guna meningkatkan kesadaran para wajib pajak sehingga target peningkatan PAD dapat dicapai untuk kemandirian Kabupaten Melawi.

Untuk permasalahan penumpukan guru di ibukota kabupaten, tunjangan khusus guru daerah terpencil serta sertifikasi guru, Pemkab sudah mulai menangani permasalahan penumpukan guru dengan melakukan pemerataan oleh masing-masing UPT dan prosesnya masih berlangsung sampat saat ini. Tunjangan guru untuk daerah terpencil sudah diinvetarisir oleh pemerintah pusat melalui tunjangan khusus bagi daerah pedalaman dan terpencil melalui aplikasi Dapodik. Dan untuk permasalahan sertifikasi guru merupakan kewenangan Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah melalui LPMP Provinsi Kalimantan Barat.

Pemkab juga memberikan jawaban atas permasalahan kurangnya tenaga kesehatan dan minimnya ketersediaan obat-obatan di RSUD Kabupaten Melawi. Pemkab telah mengusulkan penambahan kuota PNS untuk tenaga kesehatan, tetapi karena penentuan kuota ada di pemerintah pusat maka Pemkab telah mengupayakan penambahan tenaga kesehatan melalui tenaga kontrak daerah. Pemkab juga telah menambahkan anggaran untuk pengadaan obat-obatan untuk ketersedian obat-obatan di RSUD Kabupaten Melawi dan sudah ada peningkatan dalam pelaksanaannya.

 

Dalam sambutan terakhir Sekda dalam penyampaian jawaban pemerintah, Pemerintah Kabupaten Melawi sangat mengapresasi segala masukan dan saran dari para anggota DPRD Kabupaten Melawi demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Melawi. (HUMAS)


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *