Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Melawi

BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN MELAWI

 

 

 


VISI

Kabupaten Melawi Yang Lebih Berkarakter, Berbudaya, Maju, Mandiri dan Sejahtera Menyongsong Peradaban Baru

Kabupaten Melawi yang lebih berkarakter dimaknai sebagai kondisi masyarakat yang lebih memiliki kualitas moral yang positif, memanusiakan manusia sehingga mampu membangun kehidupan yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan bagi orang lain. Ini sejalan dengan konsep Kabupaten Melawi yang berbudaya, dimana interaksi budaya melalui proses inkulturasi dan akulturasi justru mampu memperkokoh budaya lokal, menambah daya tahan serta mengembangkan identitas budaya masyarakat dengan kearifan dan keunggulan lokal. Kabupaten Melawi yang maju dimaknai sebagai peningkatan kualitas kehidupan masyarakat secara lebih merata dengan menurunnya ketimpangan antar penduduk dan menurunnya ketimpangan antar wilayah. visi ini juga menggambarkan kemajuan yang tercermin dalam keseluruhan aspek kehidupan, dalam kelembagaan, pranata-pranata, dan nilai-nilai yang mendasari kehidupan politik dan sosial.

Sementara Kabupaten Melawi yang mandiri adalah kondisi masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhannya (self-help), mampu mengambil keputusan dan tindakan dalam penanganan masalahnya, dan mampu merespon dan berkontribusi terhadap upaya pembangunan dan tantangan zaman secara otonom dengan mengandalkan potensi dan sumber daya yang dimiliki. Masyarakat yang sejahtera dimaknai sebagai kondisi masyarakat yang relatif terpenuhi kebutuhan hidupnya baik spiritual maupun material secara layak dan berkeadilan sesuai dengan perannya dalam kehidupan.

MISI

  1. Membangun peradaban yang berbasis nilai-nilai kemanusiaan. Misi ini mengemban upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjunjung tinggi nilai-nilai budaya untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia. Misi ini juga dimaknai sebagai upaya mendorong peningkatan derajat kesehatan seluruh masyarakat, serta meningkatkan kualitas kehidupan manusia secara paripurna, yakni memenuhi kebutuhan manusia yang terentang mulai dari kebutuhan fisik sampai sosial.
  2. Menguatkan perekonomian daerah yang didukung dengan semangat kerakyatan, inovatif dan kreatif. Misi ini mengemban upaya untuk meningkatkan produktivitas rakyat agar rakyat lebih menjadi subyek dan aset aktif pembangunan daerah dan mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan merata, mengurangi tingkat kemiskinan, mengurangi ketimpangan pendapatan dan tingkat pengangguran, serta membangkitkan daya saing agar makin kompetitif.
  3. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik. Penyelenggaraan pemerintahan yang bertanggung jawab, efektif, dan efisien, melalui sinergitas interaksi yang konstruktif di antara domain negara, sektor swasta, dan masyarakat. Misi ini mengemban tujuan peningkatan efektivitas layanan birokrasi yang responsif, transparan dan akuntabel, serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.
  4. Memantapkan prasarana dan sarana daerah. Peningkatan pelayanan publik yang berkualitas dilakukan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan kesesuaian tata ruang.

TUJUAN :

Mengacu kepada misi yang telah ditetapkan, maka tujuan yang hendak dicapai atau dihasilkan dalam kurun waktu 5 tahu adalah, sebagai berikut :

1 Misi Membangun peradaban berbasis nilai-nilai kemanusiaan, dengan tujuan :
a Mewujudkan peningkatan pengetahuan budaya, pelestarian dan pengembangan hasil budaya;
b Mewujudkan pengembangan pendidikan yang berkarakter;
c Mewujudkan peningkatan derajat kualitas hidup;

2
Misi Menguatkan perekonomian daerah yang didukung dengan semangat kerakyatan, inovatif dan kreatif, dengan tujuan :
a Memacu pertumbuhan ekonomi daerah yang berkualitas dan berkeadilan yang didukung dengan semangat kerakyatan, invatif dan kreatif.
b Mewujudkan peningkatan daya saing pariwisata.

3 Misi Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, dengan tujuan :
a Mewujudkan pengelolaan pemerintahan secara efisien dan efektif

4 Misi Memantapkan prasarana dan sarana daerah, dengan tujuan :
a Mewujudkan pelayanan publik
b Menjaga kelestarian lingkungan dan kesesuaian Tata Ruang.

SASARAN

Mengacu kepada misi yang telah ditetapkan, maka sasaran yang hendak dicapai atau dihasilkan dalam kurun waktu 5 tahu adalah, sebagai berikut :

1 Misi Membangun peradaban berbasis nilai-nilai kemanusiaan, dengan tujuan :
a Peran serta dan apresiasi masyarakat dalam pengembangan dan pelestarianbudaya meningkat.
b Melek huruf masyarakat meningkat.
c Aksesibilitas pendidikan meningkat.
d Daya saing pendidikan meningkat.
e Harapan hidup masyarakat meningkat.

2 Misi Menguatkan perekonomian daerah yang didukung dengan semangat kerakyatan, inovatif dan kreatif, dengan tujuan :
a Pendapatan masyarakat meningkat.
b Ketimpangan antar wilayah menurun.
c Kesenjangan pendapatan masyarakat menurun.
d Kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara meningkat.
e Lama tinggal wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara meningkat.

3 Misi Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, dengan tujuan :
a Akuntabilitas kinerja pemerintah daerah meningkat.
b Akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah meningkat.

4 Misi Memantapkan prasarana dan sarana daerah, dengan tujuan :
a Layanan publik meningkat, terutama pada penataan sistem transportasi dan akses masyarakat di pedesaan.
b Kualitas lingkungan hidup meningkat
c Pemanfaatan ruang terkendali.

Kalender :

November 2018
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Statistik :