Bupati dan Wakil Bupati Melawi Kunjungan Kerja di Kecamatan Pinoh Utara

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa, bersama Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Nanga Pinoh, Kamis (21/10/2021). Kunjungan tersebut diselenggarakan dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan tahun 2021 dan diikuti oleh seluruh kepala desa se-Kecamatan Pinoh Utara.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Taufik, beserta Anggota DPRD Kabupaten Melawi Dapil Nanga Pinoh, Pinoh Utara, Pinoh Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Melawi, Ny. Raisya Sarbina Dadi, Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah dan Para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

Camat Pinoh Utara, Sonten, S.Sos.,M.Si dalam sambutannya menyambut baik dan berterima kasih atas kegiatan kunjungan kerja yang dilaksanakan oleh Bupati, Wakil Bupati Melawi dan jajaran Pemerintah Kabupaten Melawi di Kecamatan Pinoh Utara.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati, beserta seluruh rombongan di Kecamatan Pinoh Utara. Menjadi suatu kehormatan bagi kami atas kunjungan ini. Kunjungan ini tentunya menjadi semangat dan motivasi kami untuk semakin semangat dalam menjalankan tugas.”, ungkapnya.

Dalam laporannya, Camat Pinoh Utara, Sonten menjelaskan profil lengkap kecamatan Pinoh Utara mulai dari kondisi geografis, topografi, data demografis, data sdm pemerintahan, bidang pemerintahan desa, bidang infrastruktur, bidang pendidikan, bidang sosial, serta bidang kesehatan.

Sonten juga mengatakan saat ini yang harus menjadi perhatian dalam pembangunan di Kecamatan Pinoh Utara adalah terkait relokasi Kantor Camat Pinoh Utara karena lokasinya yang rawan banjir, pembangunan kantor desa Nanga Man, renovasi kantor desa Tengkajau, dan pembangunan akses jalan di Kecamatan Pinoh Utara.

Sementara itu, Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen dalam sambutannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kunjungan kerja yaitu dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kecamatan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat sebagai dasar penyusunan program kerja tahunan Pemerintah Daerah.

“Saya bersama Pak Bupati, Pak H. Dadi Sunarya Usfa Yursa melaksanakan kunjungan kerja dan tatap muka bersama masyarakat dan seluruh Kepala Desa Pinoh Utara dalam rangka silaturahmi, berdialog sekaligus menampung aspirasi dan melihat kondisi langsung masyarakat, disamping juga melakukan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan Kecamatan”, ungkapnya.

Wakil Bupati juga meminta kepada Camat serta jajarannya untuk meningkatkan fungsi pengawasan pemerintahan kecamatan dengan aktif turun ke desa-desa untuk melakukan pembinaan.

“Saya minta Camat sering turun langsung ke desa-desa, tingkatkan fungsi pengawasan dan pendampingan, sekaligus mengawasi pelaksanaannya agar program-program yang dijalankan benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat”, pintanya.

Selanjutnya, Wakil Bupati meminta agar para Kepala Desa dapat menyusun APBDes secara cermat dan sesuai prioritas yang dibutuhkan masyarakat.

“Pembangunan harus benar-benar bisa dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat. Dana Desa harus digunakan secara efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, saya harap para kepala desa bisa menyusunnya secara cermat”, imbaunya.

Terkait pembangunan jalan, Wakil Bupati mengatakan jalan poros di Kecamatan Pinoh Utara harus menjadi perhatian bersama termasuk Jembatan Melawi 2 yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021.

“Perencanaan jalan harus dilakukan dengan baik dan matang sehingga benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat. Dan Jembatan Melawi 2, sesuai dengan target yang telah ditetapkan akan selesai pada Desember 2021”, ujarnya.

Terkait vaksinasi Covid-19, Wakil Bupati meminta agar capaian vaksinasi di Kecamatan Pinoh Utara bisa dikejar dengan melakukan jemput bola ke lapangan atau desa-desa.

“Camat dan Kepala Puskesmas silahkan atur jadwal dan jemput bola ke desa untuk melakukan vaksinasi. Silahkan bersinergi dengan rekan-rekan di TNI dan Polri. Dan untuk stunting harus segera dicari langkah-langkah pencegahan, bisa bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten.”, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengingatkan kunjungan kerja tidak hanya menjadi acara seremonial, melainkan harus ada hasil yang dibawa sebagai bahan dalam menyusun program-program kerja kita untuk tahun 2022 mendatang.

“Saya minta acara seperti ini tidak hanya dijadikan seremonial saja, harus ada hasil dan evaluasi sebagai bahan kita dalam menyusun program-program pembangunan di tahun mendatang. Begitupun dengan Musrenbang di tingkat desa dan kecamatan, harus ada hasilnya dan disampaikan ke Bupati, Wakil Bupati maupun ke DPRD. Jangan sampai ada usulan dari Desa yang tidak tersampaikan”, pintanya.

Bupati juga meminta kondisi pandemi Covid-19 tidak boleh menyurutkan komitmen bersama dalam menjalankan program pembangunan sesuai RPJMD Kabupaten Melawi tahun 2021-2026 yang telah ditetapkan.

“Saya mengajak kita semua untuk saling bersinergi dan bergandengan tangan dalam mewujudkan Kabupaten Melawi yang adil, pantas, hebat yang berlandaskan gotong royong, serta harmonis dalam keberagaman”, ujarnya.

Bupati meminta Camat dan Kepala Puskesmas untuk mengejar capaian vaksinasi di kecamatan Pinoh Utara dengan target 50% pada bulan desember, serta fokus dalam menurunkan angka stunting.

“Stunting ini harus menjadi perhatian kita bersama karena dampaknya sangat besar terhadap tumbuh kembang anak-anak, jadi kita harus segera menyiapkan langkah-langkah dalam penanganannya. Terkait vaksinasi, saya minta Camat segera jembut bola ke desa-desa dalam melaksanakan program vaksinasi. Targetnya 50% masyarakat harus sudah di vaksin sampai dengan desember ini”, tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati menegaskan pembangunan Jembatan Melawi 2 akan selesai pada tahun 2021.

“Jembatan Melawi 2 ini menjadi komitmen saya dan Pak Drs. Kluisen untuk menyelesaikannya. Insyaallah Desember ini bisa selesai. Tentunya Jembatan ini akan menggerakkan ekonomi dan pembangunan di Kecamatan Pinoh Utara karena membuka akses antara ibukota Kabupaten dan Kecamatan Pinoh Utara”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Pemerintah Kabupaten Melawi menyerahkan bantuan chromebook secara simbolis kepada sejumlah sekolah, pembagian masker, serta suplemen ibu hamil dan tablet tambah darah. Bupati dan Wakil Bupati beserta rombongan juga meninjau pelaksanaan vaksinasi dan pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh Puskesmas Manding . (HUMAS/Fariz).

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Info Covid-19 Kabupaten MelawiSIKaPSIKaPInfo Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK Kabupaten Melawi Tahun 2021

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan