Bupati Melawi Hadiri Pelantikan dan Mapenta Pemuda Katolik Komisariat Anak Cabang

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menghadiri pelantikan dan masa penerimaan anggota (Mapenta) Pemuda Katolik Komisariat Anak Cabang Kabupaten Melawi, Sabtu (09/10/2021) di Rumah Betang Apang Aloy, Bemban Pengersit, Kecamatan Pinoh Selatan.

Ketua Pemuda Katolik Komcab Melawi, Patirnus, S.Pd dalam laporannya mengatakan Mapenta merupakan ajang pengenalan organisasi para calon anggota baru yang harus diikuti sebelum dilantik menjadi anggota resmi Pemuda Katolik.

Patirnus juga mengatakan saat ini Pemuda Katolik Komcab Melawi terus membangun sinergitas internal maupun eksternal untuk mewujudkan organisasi yang kuat. Menurutnya, Pemuda Katolik Komcab Melawi terus menjalin komunikasi dan sinergitas yang baik antar anggota dan pemerintah.

“Kami terus berupaya memperkuat organisasi Pemuda Katolik Komcab Melawi dengan membangun sinergitas dan komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah dan sesama anggota. Termasuk dengan cara mendirikan Komisariat Anak Cabang di 11 kecamatan. Dan saat ini setelah Mapenta, kita akan melantik pengurus Komisariat Anak Cabang di empat kecamatan yaitu di Nanga Pinoh, Pinoh Utara, Pinoh Selatan, dan Sayan.”, ungkapnya.

Pastor Modertor Pemuda Katolik Komcab Melawi, RM. Elias Silvinus Endi, PR dalam sambutannya meminta seluruh anggota Pemuda Katolik Komcab Melawi untuk aktif, kreatif, dan inovatif.

“Saya meminta seluruh anggota Pemuda Katolik Komcab Melawi untuk bisa aktif, kreatif, dan inovatif sehingga Pemuda Katolik bisa berkontribusi secara positif demi kemajuan organisasi, pemerintah, gereja, dan tentunya masyarakat”, ungkapnya.

RM. Elias juga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh pemerintah daerah selama ini demi keberlangsungan organisasi Pemuda Katolik di Kapaten Melawi. Dia juga mengajak seluruh anggota untuk bisa mendukung program-program pembangunan pemerintah daerah, khususnya dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Melawi untuk mewujudkan Kabupaten Melawi yang maju dan lebih baik lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Penasehat Pemuda Katolik Komcab Melawi, Antonius Anen, ST mengatakan sebagai generasi penerus bangsa, pemuda harus memiliki pengalaman dalam berorganisasi. Karena menurutnya, pengalaman organisasi sangat penting bagi para pemuda untuk mengasah pengalamannya.

Dia juga berharap Pemuda Katolik Komcab Melawi ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah, serta mengingatkan para anggotanya untuk menjaga kebhinnekaan, NKRI, dan pancasila.

“Dalam berorganisasi kita tidak melihat suku, agama, maupun ras. Yang kita pegang teguh adalah Pancasila, NKRI, dan Kebhinnekaan. Sehingga saya berharap para anggota Pemuda Katolik untuk dapat mendukung seluruh program pembangunan daerah demi mewujudkan masyarakat Melawi yang sejahtera”, ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengatakan saat ini pemuda senantiasa dituntut untuk selalu menjadi kekuatan dalam menghadapi perubahan yang tengah terjadi.

“Saya yakin pemuda pasti mampu bergerak secara positif dalam berpartisipasi aktif dan kreatif di segala bidang pembangunan dengan menggalang persatuan, kesatuan, dan kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat”, ungkapnya.

Bupati berharap kepada para calon anggota yang akan menjalani mapenta dan akhirnya dilantik sebagai anggota Pemuda Katolik dapat mengemban amanah dengan tulus ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab dalam menguatkan keorganisasian dan mengabdi melayani umat melalui Pemuda Katolik serta dapat menunjang pertumbuhan sikap religius masyarakat di Kabupaten Melawi.

“Figur-figur yang akan dilantik tentulah pasti kader terbaik yang telah terseleksi dan teruji sehingga layak menerima tongkat estafet organisasi untuk memberdayakan anggota dan membesarkan organisasi secara internal maupun eksternal dalam membina mental, spiritualm serta menanamkan semangat keagamaan pada generasi muda”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati meminta agar masyarakat untuk selalu menjunjung tinggi rasa toleransi terhadap umat beragama, terlebih di era digital seperti saat ini banyak isu-isu negatif yang beredar di media sosial sehingga kita dituntut untuk bisa memfilter berita-berita yang tidak jelas sumbernya. Dan menurutnya peran organisasi Pemuda Katolik dalam memperkokoh toleransi antar umat beragama dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan sangat dibutuhkan.

“Saya berpesan apapun bentuk kegiataan keagamaan yang kita lakukan kiranya memberi suatu perubahan dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Melawi, untuk senantiasa memiliki semangat kebersamaan, persaudaraan, dan kerukunan umat beragama, serta dapat saling bekerjasama”, ungkapnya. (HUMAS/Fariz).         

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Info Covid-19 Kabupaten MelawiSIKaPSIKaPInfo Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK Kabupaten Melawi Tahun 2021

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan