Bupati Melawi Resmikan Pabrik Sawit PT. Adau Agro Kalbar

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa meresmikan pabrik kelapa sawit PT. Adau Agro Kalbar, Jumat (01/10/2021) di Desa Durian Jaya, Kecamatan Tanah Pinoh Barat. Turut mendampingi Bupati Melawi Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Melawi, H. Heri Iskandar, Anggota DPRD Kabupaten Melawi, Yordanes, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kasat Pol PP, Dinas Pangan dan Perkebunan, Camat Tanah Pinoh Barat, Camat Tanah Pinoh, Camat Sokan, Kapolsek dan Danramil.

Area Manager PT. Adau Agro Kalbar, Tri Cahyo Jatimulyo mengatakan pabrik sawit PT. Adau Agro Kalbar yang akan diresmikan berkapasitas 30 ton/jam. Menurutnya, saat ini pabrik tersebut sudah menampung sekitar 700 ton tandan buah segar.

Cahyo juga mengatakan keberadaan PT. Adau Agro Kalbar akan memberikan dampak yang positif bagi daerah dan khususnya masyarakat sekitar karena akan memberikan lapangan pekerjaan yang berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saat ini perusahaan mengelola sekitar 8000 hektar lahan, dengan keterlibatan masyarakat sekitar 770 karyawan, dimana 95% adalah putera daerah Kabupaten Melawi”, ungkapnya.

Cahyo juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Melawi dan masyarakat atas dukungannya sehingga pabrik kelapa sawit dapat beroperasi.

Sementara itu, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dalam sambutannya mengatakan peresmian pabrik kelapa sawit milik PT. Adau Agro Kalbar diharapkan menjadi titik awal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya para petani sawit di Kabupaten Melawi. Menurutnya, dengan beroperasinya pabrik tersebut diharapkan semakin mempermudah masyarakat khususnya para petani sawit untuk memasarkan hasil perkebunannya.

Bupati juga mengapresiasi keberadaan PT. Adau Agro Kalbar sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang telah ikut membantu pembangunan daerah.

“Dengan beropeasinya pabrik ini tentunya diharapkan dapat membuka pekerjaan yang lebih luas untuk masyarakat, sehingga roda perekonomian dapat tumbuh dengan cepat, dan pada akhirnya akan berdampak positif bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat Kabupaten Melawi, khususnya bagi masyarakat sekitar di Kecamatan Tanah Pinoh Barat, Tanah Pinoh, Sayan, dan Sokan’”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati meminta PT. Adau Agro Kalbar untuk menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan masyarakat lokal, baik petani maupun tenaga kerja lokal dalam kebutuhan sumber daya manusia nya.

Menutup sambutannya, Bupati juga mengingatkan kepada seluruh industri pengolahan sawit di Kabupaten Melawi agar dapat mengedepankan dan menerapkan konsep berwawasan lingkungan hidup secara berkelanjutan dalam operasionalnya.

“Kita tentunya semua berharap, Pabrik yang kita resmikan ini dapat bermanfaat, bukan saja mendapatkan nilai tambah untuk kemakmuran masyarakat, tetapi juga berdampak positif bagi perkembangan daerah. Oleh karena itu, aspek lingkungan hidup dan aspek sosial harus tetap diperhatikan dalam menjalankan kegiatan usaha nya”, jelasnya.

Selain meresmikan pabrik kelapa sawit, secara bersamaan, Bupati Melawi juga meresmikan pengiriman perdana CPO PT. Adau Agro Kalbar ke Kabupaten Sekadau.

 

Penulis : Fariz Ghadati, S.I.P

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Info Covid-19 Kabupaten MelawiSIKaPSIKaPInfo Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK Kabupaten Melawi Tahun 2021

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan