Bupati Melawi Sampaikan Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Kabupaten Melawi Tahun Anggaran 2021

Bupati Melawi, Panji menghadiri Rapat Penyampaian Raperda Kabupaten Melawi tentang APBD Tahun Anggaran 2021 yang dibuka oleh Ketua DPRD, Widia Hastuti di ruang rapat kantor DPRD, Jumat (18/9/2020).

Dalam sambutannya, Panji menyampaikan bahwa anggaran pendapatan dan belanja daerah merupakan rencana keuangan tahunan Pemerintah Daerah yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang kemudian ditetapkan dengan peraturan daerah.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, kiranya Rancangan Peraturan Daerah Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Kabupaten Melawi Tahun Anggaran 2021 dapat kita bahas dan tetapkan bersama menjadi peraturan daerah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,“ ujar Panji.

Selanjutnya Panji menjabarkan pokok-pokok substansi dari rancangan peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Melawi Tahun Anggaran 2021. Panji menjelaskan bahwa penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 telah disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan teknis penyusunannya berpedoman pada Permendagri Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021.

“Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Tentang APBD tahun 2021 tersebut berdasarkan prinsip-prinsip yang disesuaikan dengan kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangaan daerah dan kemampuan pendapatan daerah, tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan peraturan perundang-undagan yang lebih tinggi, berpedoman pada RKPD, KUA dan PPAS, tepat waktu, sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan,” ujar Panji.

Panji menyampaikan bahwa pada Rancangan APBD Tahun Anggaran 2021 dari pendapatan daerah sebesar Rp906.641.014.738,20. Yang bersumber dari pendapatan asli daerah sebesar Rp43.872.422.176.20,pendapatan transfer sebesar Rp834.007.592,00 dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp28.761.000.000,00. Sedangkan untuk anggaran belanja daerah sebesar Rp942.815.447.524,92. Selisih antara total pendapatan dengan belanja sebesar sebesar Rp38.174.432.786,72 yang ditutup melalui pembiayaan netto.

Pada akhir sambutannya, Bupati Melawi Panji menyampaikan bahwa pemerintah menghargai saran dan masukan dalam pembahasan lebih lanjut sehingga lebih sempurna dan berharap agar Rancangan Peraturan Daerah tersebut segera mendapatkan persetujuan bersama.

“Marilah kita dengan hati yang tulus dan iklas mencurahkan pikiran, waktu dan tenaga serta segala daya upaya yang kita miliki untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Melawi yang mandiri, sehat, damai dan sejahtera,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Panji juga menyampaikan secara singkat langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Pemda dalam penanganan banjir dengan membuka posko-posko pengungsian bagi para korban banjir yang ada di Kabupaten Melawi serta upaya yang akan dilakukan oleh Pemda pasca banjir khususnya terkait dengan kebersihan. Panji juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak dan masyarakat yang telah turut serta bersama pemerintah membantu para korban banjir.

 

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
Panji, S.Sos dan Dadi Sunarya U.Y,A.Md

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan