Bupati Minta Pengurus Dekranasda Tingkatkan Promosi dan Pemasaran Produk Daerah

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa meminta para pengurus Dekranasda Kabupaten Melawi untuk meningkatkan promosi dan pemasaran produk daerah. Hal tersebut disampaikan Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa saat menghadiri Pengukuhan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Melawi Periode 2021-2025, Rabu (27/10/2021).

“Promosi dan pemasaran produk daerah harus ditingkatkan mengingat pentingnya hal tersebut sebagai upaya memperkenalkan produk-produk kerajinan dari Kabupaten Melawi kepada masyarakat luar”, ungkapnya.

Bupati juga meminta seluruh jajarannya baik di OPD, Kecamatan, hingga Desa untuk mendukung promosi dan pemasaran produk daerah tersebut.

“Para Pimpinan OPD wajib mendukung promosi dan pemasaran produk-produk yang dihasilkan oleh para pengrajin kita. Kita tadi baru melihat produk batik atau tenun khas Melawi yang dipamerkan. Saya inginnya para Kepala OPD untuk bisa ikut mempromosikan dengan menggunakan batik atau tenun khas Melawi tersebut pada pertemuan-pertemuan di tingkat Provinsi. Untuk selanjutnya para Camat dan para kepala desa diharapkan bisa ikut mendukung promosi ini”, tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati mengungkapkan tugas dan fungsi Dekranasda sebagai mitra strategis pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin di Kabupaten Melawi.

“Kami berharap Dekranasda Kabupaten Melawi bersama-sama dengan para pemangku kepentingan terkait mampu menemukan berbagai potensi yang bisa diolah sebagai ke-khasan daerah dari Kabupaten Melawi sehingga bisa turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ujarnya.

Selanjutnya, Bupati berharap kepada para pengurus Dekranasda Kabupaten Melawi periode 2021-2025 dapat mengambil peran bagaimana hasil kerajinan para pengrajin dapat dipasarkan baik secara nasional maupun internasional.

“Saya berharap para pengurus yang baru saja dikukuhkan memiliki kreativitas yang tinggi dalam mengembangkan para pengrajin yang ada di Kabupaten Melawi, sehingga akan tumbuh para pengrajin dan para pengusaha baru sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat”, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Melawi, Ny. Raisya Sarbina Dadi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas jalinan kerjasama dan sinergitas antara pemerintah daerah dan Dekranasda.

“Tentunya Dekranasda akan terus mendukung, berkolaborasi, bersinergi dalam satu tujuan yaitu untuk memberdayakan dan meningkatkan peran serta warga binaan berwirausaha sehingga menjadi bagian penting dalam menggerakkan geliat perekonomian masyarakat”, ungkapnya.

Ny. Raisya juga berharap para pengurus untuk berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan karya cipta serta produk buatan daerah sehingga dapat mengembangkan ekonomi kreatif dan memberikan peran positif dalam meningkatkan pertumbuhan perekoniman masyarakat.

“Dekranasda terus berupaya untuk mendukung para pengrajin kita untuk menghasilkan karya-karya nya yang akan dijadikan produk unggulan khas daerah Melawi. Saat ini berbagai produk sudah dihasilkan antara lain makanan khas Melawi, batik dan tenun khas Melawi, maupun barang-barang kerajinan khas Melawi. Selanjutnya produk-produk daerah ini akan terus kita promosikan agar lebih dikenal masyarakat di luar Kabupaten Melawi”, ungkapnya.

Hadir juga pada kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Hendegi Januardi Usfa Yursa, Para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN, dan BUMD di Kabupaten Melawi, Camat se-Kabupaten Melawi, Para Kepala Desa se-Kecamatan Nanga Pinoh. (HUMAS/Fariz).

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Info Covid-19 Kabupaten MelawiSIKaPSIKaPInfo Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK Kabupaten Melawi Tahun 2021

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan