Konferensi Pers Pemerintah Kabupaten Melawi Terkait Penanganan Banjir

Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa melaksanakan konferensi pers terkait penanganan banjir di Kabupaten Melawi, Jumat (5/11/2021) di Posko SDN 6 Nanga Pinoh. Turut mendampingi Bupati, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Hendegi Januardi Usfa Yursa, Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus, LO Kodim 1205/Sintang, Edi Winarno, BPBD, Dinsos, Dinkes, Satpol PP, dan Dishub.

Dalam keterangannya, Bupati Melawi menyampaikan klarifikasi terkait dengan berita yang beredar di media sosial dan media online terkait dengan penyaluran bantuan banjir di Kabupaten Melawi. Bupati menjelaskan bahwa setiap harinya dapur umum di posko terpusat SDN 6 Nanga Pinoh menyediakan sekitar 2.400 paket makanan siap saji dan dibantu dengan 2 dapur umum lainnya yang dikelola oleh Tim Penggerak PKK, GOW dan DWP Kabupaten Melawi yang setiap harinya menyediakan paket makanan siap saji sebanyak 2000 paket setiap hari, sehingga total ada 4.400 paket makanan siap saji yang disalurkan kepada masyarakat.

Setiap harinya pemerintah Kabupaten Melawi menyalurkan 4.400 paket makanan siap saji kepada korban terdampak banjir dari hilir sampai ke hulu wilayah kabupaten Melawi bahkan ke gang – gang di kota Melawi. Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi akan terus berupaya  meningkatkan kuantintas bantuan terkait suplai makanan dengan menggandeng seluruh organisasi masyarakat”, jelasnya.

Terkait jumlah pengungsi, Bupati menjelaskan bahwa jumlah pengungsi yang tersebar di beberapa posko berjumlah 656 orang, namun untuk masyarakat yang terdampak banjir tetapi tidak mengungsi,  Pemerintah Daerah melalui BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan OPD terkait lainnya untuk tetap memantau kebutuhan warga dan menyalurkan bantuan seperti makanan siap saji, paket sembako dan obat – obatan jika diperlukan.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati Melawi menyampaikan terkait bantuan yang telah disalurkan Pemerintah Daerah berupa 500 paket bantuan sembako dari kementerian social dan 470 paket bantuan dari Pemerintah Kabupaten Melawi. Bupati juga mengungkapkan Pemerintah Daerah medapatkan bantuan 50 ton beras dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

“Pada tanggal 1 November kemarin saya telah menandatangani status tanggap darurat banjir yang menjadi dasar untuk mengajukan cadangan pangan sebanyak 100 ton yang akan kita salurkan di 11 kecamatan di kabupaten yang terdampak banjir. Kita juga mendapatkan 50 ton beras bantuan dari Pemprov Kalbar” jelasnya.

Bupati juga menyampaikan terkait arahan Menteri Sosial mengenai buffer stock (stok cadangan), menurutnya Dirjen Kementerian Sosial di bantu oleh Dinas Sosial Kabupaten Melawi sedang turun ke 11 kecamatan di Kabupaten Melawi untuk mapping area terkait buffer stock. Melalui Dinas Sosial juga Kemensos memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terdampak banjir kepada 1.200 orang.  Dan untuk masyrakat yang terdampak banjir posko kesehatan di SDN 6 Melawi juga melayani masyarakat terdampak banjir selama 24 jam.

Menutup konferensi persnya, Bupati Melawi juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat jika masih ada masyakarat terdampak banjir yang masih belum tersentuh bantuan. Pemerintah Daerah terus bekerja sama dengan Forkopimda dan organisasi Masyarakat lainnya untuk terus berupaya dan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir dalam menyalurkan bantuan.

“Pemerintah Kabupaten Melawi mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah membantu dalam penanganan banjir di Kabupaten Melawi, seperti TNI, Polri, Kementerian Sosial, Pemerintah Provinsi, Tagana, PMI, STKIP, Bank Kalbar, Oraganisasi Masyarakat dan pihak lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Mari kita bergandeng tangan, bahu membahu untuk membantu masyarakat melawi yang terdampak banjir” tutupnya. (HUMAS/Orin)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
H. Dadi Sunarya Usfa Yursa dan Drs. Kluisen

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Info Covid-19 Kabupaten MelawiSIKaPSIKaPInfo Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS dan PPPK Kabupaten Melawi Tahun 2021

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan