Panji Apresiasi Program Road to Stakeholder BMKG

Bupati Melawi Panji, S.Sos Mengapresiasi pihak BMKG Kantor Meteorologi Nanga Pinoh Kabupaten Melawi yang telah memaparkan sejumlah program kegiatan dan layanan terkait pencegahan dini serta antisipasi bencana alam.

Terima kasih atas penjelasan paparan, sosialisasi yang disampaikan oleh pihak BMKG Kantor Meteororologi Nanga Pinoh Kabupaten Melawi ucap Panji. “Saya minta informasi secara umum disampaikan kepada masyarakat terkait informasi kebakaran hutan dan lahan, cuaca serta curah hujan.

Panji juga mengharapkan agar pihak BMKG melakukan pemetaan lebih detail terkait bencana alam seperti gempa. “Dengan mengetahui informasi tersebut maka kita bisa menindaklanjuti dan mengantisipasi lebih awal.” Tegas Panji.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Melawi Panji, S.Sos juga meminta informasi yang dipaparkan oleh BMKG agar disosialisasikan kepada masyarakat melalui Camat, Kades dan Perangkat Desa.

Terkait kebakaran hutan dan lahan, Panji meminta pihak BMKG bisa membedakan penyebab kebakaran.” Apakah kebakaran tersebut disebabkan oleh faktor alam seperti gesekkan ranting-ranting kering sehingga kebakaran atau disebabkan oleh peladang, ini penting untuk mencegah terjadinya permasalahan dimasyarakat, ucap Panji.”

Pelaksanaan Audensi Program Kerja Kantor Stasiun Meteorologi Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, “BMKG Road to Stakeholder”, dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Juli 2020 bertempat di Convention Hall Kantor Bupati Melawi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Sekda Kabupaten Melawi, Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si yang bertindak sebagai moderator, perwakilan Dinas dan Badan terkait, perwakilan dari pihak Kepolisian dan perwakilan dari Dandim

Dalam paparannya Kepala Stasiun Meteorologi Nanga Pinoh menjelaskan tentang tupoksi, layanan BMKG, kaleideskop kebencanaan serta berbagai layanan Stasiun Meteorologi Nanga Pinoh seperti:

-Monitor indeks kekeringan

-Peta analisis hujan

-Perkiraan curah hujan bulanan

-Antisipasi Potensi kebakaran hutan

-Potensi banjir dan produk iklim

Dengan adanya data dari BMKG, kiranya dapat digunakan sebagai bahan keputusan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, kata Rully Affandi, Kepala Stasiun Meteorologi Nanga Pinoh.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi

Bupati dan Wakil Kabupaten Melawi
Panji, S.Sos dan Dadi Sunarya U.Y,A.Md

BERITA TERPOPULER

Info Masyarakat

Waspada Covid 19

Jejak Pendapat

Pendapat Anda tentang website ini
  Sangat Bagus
  Bagus
  Cukup Bagus
  Perlu Perbaikan